sumber : Google.com |
Apa sih manajemen proyek itu ?? sebelum kita membahas tentang definisi dari manajemen proyek, alangkah lebih baiknya kalau kita tahu dulu tentang kata 'manajemen' dan 'proyek'.
'Manajemen' secara umum dapat di definisikan sebagai suatu seni dalam ilmu dan pengorganisasian seperti menyusun perencanaan, membangun organisasi dan pengorganisasiannya, pergerakan, serta pengendalian atau pengawasan. Atau biar lebih gampang di pahami, manajemen merupakan suatu ilmu pengetahuan yang sistematis agar dapat memahami mengapa dan bagaimana manusia saling bekerja sama agar dapat menghasilkan sesuatu yang bermanfaat bagi orang lain maupun golongan tertentu dan masyarakat.
'Proyek' adalah sebuah kegiatan yang bersifat sementara yang telah ditetapkan awal pekerjaannya dan waktu selesainya dan biasanya di batasi oleh waktu dan anggaran atau pendanaan. untuk mencapai tujuan dan hasil yang spesifik dan unik, dan pada umumnya untuk menghasilkan sebuah perubahan yang bermanfaat atau yang mempunyai nilai tambah.
sumber : Google.com |
Jadi, Manajemen Proyek adalah sebuah disiplin ilmu yang mengkaji tentang perencanaan, pengorganisasian, pengelolaan, pengendalian, untuk dapat mencapai tujuan - tujuan proyek. Dalam ilmu manajemen proyek ini, kita akan mempelajari tentang bagaimana kita dapat memanfaatkan sumber daya seoptimal mungkin untuk mencapai sasaran yang telah di tentukan. fungsi dasar dari manajemen proyek ini adalah pengelolaan WAKTU, TENAGA, UPAH, MUTU. Pengelolaan aspek - aspek tersebut jika di lakukan dengan benar maka hal ini merupakan kunci keberhasilan dalam penyelenggaraan suatu proyek.
Dengan adanya manajemen proyek maka akan terlihat batasan mengenai tugas, wewenang, dan tanggung jawab dari pihak-pihak yang terlibat dalam proyek baik langsung maupun tidak langsung, sehingga tidak akan terjadi overlapping atau tugas yang di lakukan secara bersamaan.
Apabila fungsi - fungsi manajemen proyek di realisasikan dengan jelas dan terstruktur, akan tujuan akhir dari sebuah proyek akan terwujud yaitu:
1. TEPAT WAKTU
2. TEPAT JUMLAH
3. TEPAT KUALITAS
4. TEPAT BIAYA
5. Tidak ada masalah Sosial
6. K3 dapat tercapai dengan baik.
Selain itu, dalam manajemen proyek kita akan belajar banyak hal untuk manajemen, seperti belajar tentang manajemen biaya, yaitu kita akan belajar bagaimana membuat RAB. kita juga akan belajar tentang manajemen waktu, yaitu kita akan belajar untuk membuat time schedule atau waktu pelaksanaan proyek, dan kita juga akan belajar tentang manajemen TENAGA, yaitu kita akan belajar untuk menangani masalah sosial yang timbul diproyek, dan masih banyak lagi yang bisa kita pelajari dalam bidang ilmu manejemen proyek ini.
Posting Komentar